Saturday, December 24, 2011

Lemon cheese cake



Awalnya cake ini dipesen sama temen trus katananya uenak banget, jd penasaran bakul kuenya, buatlah juga untuk konsumsi sendiri.
Cheese cake yg bener2 uenak banget, nga ada yg namanya eneg atau cukup hanya dengan sepotong.
Perpaduan crust dari kacang2 an yg berasa agak manis dan asam2 dari jeruk lemon dan cheese yang lembut, membuat cake ini perfecto.
Sejak diet, symengurangi konsumsi kue dan biasanya berhasil tapi untuk yang sat ini menimbulkan ketagihan, hehehehe...
Hanya itu ricotta dan mascarpone susah di dapet di Makassar. Dapet Ricotta cheese di Gelael Makassar, untung expirednya masih Januari 2012 dan sepertinya tdk ada subtitusi untuk Ricotta.

Resepnya (sumber dari KBB 23) sy lampirkan ya include modifikasi nya :

Bahan-bahan
1/4 cup port --- (*sejenis wine-bisa diganti perasan air jeruk lemon)
1/4 cup orange juice
75 sultana -- aku pake kismis
80 gr manisan apricot, iris tipis (boleh di ganti manisan mangga)--> aku pake sukade jeruk di iris tipis
150 g mascarpone
400g ricotta
125 g gula kastor (aku hanya 100 g supaya lebih terasa kejunya)
2 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya
3 buah lemon, parut kulitnya.
60 gr tepung terigu

Crust
30g mentega tawar
185g kacang2an, haluskan.(aku pakai mete, almond dan kenari, sangrai dulu lalu blender)
8 sdt gula kastor
4 sdt dark brown sugar (aku pakai palm sugar)
1/2 sdt bubuk kayu manis
1/4 sdt bubuk mixed spice (bisa diganti bubuk bumbu spekuk)

Cara buat:
1. Panaskan oven 170c. Siapkan loyang ukuran 23cm, olesi dasar dan sisi-sisi loyang dengan mentega leleh. Alasi dasar loyang dengan baking paper, lalu olesi dengan mentega leleh.
2. Panasi port, orange juice dan sultana dan sukade di dalam panci selama 5 menit. Angkat dari api, tutup dan biarkan selama 15 menit.
3.crust: Panaskan mentega hingga leleh, masukkan kacang2an, semua gula dan rempah-rempah. aduk rata. Letakkan di dasar dan sisi loyang, tekan-tekan supaya padat dan melekat.
4. Kocok mascarpone dan ricotta hingga lembut, lalu masukkan gula, kuning telur dan parutan kulit jeruk, lalu masukkan tepung, aduk hingga rata dan lembut. Masukkan campuran sultanas-port-orange dan apricots.
5. Kocok putih telur di dalam mangkuk yang bersih dan bebas lemak hingga soft peak. Masukkan putih telur kocok ke dalam campuran keju. Tuang ke dalam adonan, ratakan permukaannya.
6. Letakkan loyang ke atas loyang oven/loyang biscuit (oven tray/baking tray) , panggang selama 1 jam atau hingga permukaan cheesecake set tengah2nya dan berwarna emas ke coklatan di sekelilingnya. Matikan oven. Biarpkan cheesecake di dalam oven dengan pintu dibuka sedikit selama 50-60 menit.

Keluarkan cheesecake dari oven. Gunakan pisau tumpul secara perlahan ke sekeliling cheesecake, lalu biarkan hingga betul-betul dingin. Keluarkan cheesecake dari loyang dan dinginkan dalam kulkas selama 2 jam sebelum di sajikan.

Tips: olesi mentega leleh ke sekeliling loyang agak tebal sehingga crust kacang akan terbalut secara merata.

No comments:

Post a Comment