Saturday, November 19, 2011

Kue Ku (Tradisional chinese cake)


Kue Ku ini pesanan teman dan seumur2 sy hanya tau makan kue ku atau kalau di Makassar kami sebutnya kue kura, mungkin karena cetakannya yg mirip kura2 yah :)
jd temenku pesen untuk isi box 1 bulanan anaknya harus ada kue ku ini. Mulai deh hunting cetakan, cari yg mungil biar cute. searching di mr google mengenai kue ku ini. bandingin resep2 yg beredar.
Sy pake resep kulit nya NCC

Bahan :
200gr tepung Ketan
200gr Kentang kukus dihaluskan
175cc Santan kental panas2 sdh di beri vanili dan garam
50gr gula halus
1/4 st garam
Cara membuat :
Tepung ketan, kentang, gula halus, garam, vanili diaduk jadi satu lalu masukkan santan panas dan diuleni sampai rata betul baru di beri warna.
Adonan dipulung dan di bentuk lalu di isi dg bahan isian.bentuk sesuai selera kemudian di kukus. Setiap 5 menit tutup di buka.luarnya dibpoles dg minyaknya kelapa santan.

untuk bahan isi sy ambil dari buku resep Sedap :
Bahan isi:
250 gr kacang hijau kupas, rendam 2 jam
75 gr gula pasir
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan
daun pisang untuk alas

Buat isi: kukus kacang hijau kupas selama 30 menit, angkat, haluskan. Tuang ke dalam wajan anti lengket, tambahkan gula pasir, santan, garam, dan daun pandan, masak sambil diaduk hingga mengental, sisihkan. Setelah dingin, bulatkan masing-masing 10 gram.

Kalau seperti sy dimasukkan ke cetakan dengan cara ditekan2 (jgn lupa cetakannya diolesi tepung ketan supaya mudah mengeluarkannya dgn cara diketok2.

Oh yah ternyata sehari sj inapnya kue ku sy ini sdh berasa agak kecut, ikss....
apa memang harus pakai bahan tambahan pengawet yah. Sy nga pernah kepikiran untuk pake krn pikirnya hrsnya bs tahan 2 mpe 3 hari, ternyata oh ternyata :(

Senengnya waktu kue nya jadi dan hasilnya cantik banget. di foto hiasan cetakan nya nga kelihatan tp hasilnya bener2 lucu dan buatan sendiri memang selalu lebih enak. hehehehe...muji diri sendiri :D

1 comment: